‘Light PB’, Daftar Bacaan Ramah untuk Pekerja Lembur

LITE-PB

Perjamuan Buku (PB) berupaya memberikan buku-buku pilihan sebagai bacaan alternatif. Di antaranya direkomendasikan oleh para tokoh, orang-orang terdekat, hingga pembaca Perjamuan Buku (paperbuk) atau pun pembaca umum.

Jika Anda sedang mencari buku yang “ringan” untuk dapat mengisi waktu Anda yang padat, kami memiliki daftar buku pilihan di sini. Tidak lebih dari 150 halaman. Dengan tema dan kategori yang dipilih untuk menjaga emosi Anda. Menambah pemahaman tentang fenomena. Mengiterograsi realitas dengan menarik. Tidak membuat Anda pusing dengan bahasa yang membuat otak Anda beku. Judul-judul berikut dipilih dan direkomendasikan untuk Anda secara pribadi oleh kurator PB.

KEBURUKAN AKAN TAMPAK JELAS KETIKA DIAMATI DENGAN BERJALAN KAKI

Apa jadinya kalau seorang komikus di Prancis yang suka kepo-kepo bertetangga dengan seseorang dari Indonesia yang doyan jalan² di akhir pekan, yang bahkan lebih mengenal prancis ketimbang si komikus sendiri?

Komik dari Prancis berjudul “Tetanggaku Orang Indonesia” karya Emmmanuel Lemaire ini adalah semacam memoar, bercampur dengan catatan perjalanan, yang padat dengan berbagai pengalaman seru, sedih, dan lucu, tentang bagaimana kehidupan seorang Indonesia di negeri asing, prancis, sembari tetap melontarkan kritik-kritik yang tajam soal kedangkalan² dan inferioritas masyarakat kita, ketimpangan sosial, praktik² KKN, juga rasisme di kedua negara.

Diterjemahkan langsung dari bahasa Prancis oleh Yustisia Irwansyah, komik berjudul asli “Ma Voisine est Indonesienne” ini mengajak kita melihat kembali hubungan antara dua orang asing untuk saling memahami.

Ada dua puluh cerita rakyat Cina dimuat dalam buku ini, baik cerita tentang rakyat jelata, para ksatria dan raja, maupun tokoh-tokoh legenda. Meskipun semua cerita berlatar Cina masa lalu, ajaran moral dan budi perkerti yang terkandung di dalamnya berlaku universal, dan akan tetap mencerahkan serta memberi ilham bagi siapa pun dan sampai kapan pun.

Saat sedang asyik berjemur di balkon rumahnya, seekor kucing bernama Zorbas mendapati seekor burung camar terjatuh kepayahan di dekatnya. Tumpahan minyak dari kapal tanker di laut telah melengketkan bulu-bulu burung camar betina yang hampir bertelur itu, membuatnya tak mungkin meneruskan terbangnya. Sebelum meninggal, ia meminta si kucing berjanji untuk merawat telurnya sampai menetas dan lantas mengajari anaknya terbang.

Sebagai kucing pelabuhan, Zorbas pantang melanggar janjinya. Namun mungkinkah ia dan kawan-kawannya sesama kucing pelabuhan benar-benar bisa menepati janji mengajari bayi camar itu terbang?

Sebuah cerita indah tentang persahabatan, kesetiaan untuk menepati janji, dan renungan tentang perbuatan manusia terhadap lingkungan.

Tochtli tinggal di dalam sebuah istana. Ia senang mengoleksi topi, membaca kamus, menonton film samurai, dan mengagumi orang-orang Prancis serta alat pemotong kepala. Ia bisa mendapatkan semua yang ia inginkan sebab ayahnya seorang bandar narkoba. Tapi yang paling Tochtli inginkan saat ini adalah kuda nil kerdil Liberia, dan sayangnya hewan itu tidak bisa dibeli di toko hewan piaraan, lebih-lebih Tochtli hidup di Meksiko, sebuah negara dunia ketiga yang celaka—meski terkadang juga luar biasa.

Anjing-Anjing yang Setia membawa kita pada lima cerita menarik tentang hewan dan sahabat terbaik manusia. Pembaca akan dibawa hanyut oleh kecerdikan anjing yang tak mempercayai tuannya, anjing ajaib yang ditakdirkan melindungi pemiliknya meski dengan awal yang aneh, anjing jahil yang menggonggongi seorang gadis kecil, anjing cokelat yang setia pada temannya sampai mati, hingga anjing yang menemani perselingkuhan tuannya. Tak ada yang lebih mengharukan selain menyadari kesetiaan anjing dalam cerita-cerita ini bukanlah mitos semata.

“Cerpen yang keseluruhannya ditulis pada periode 1999-2000 ini tak sekadar kisah, namun semacam jejak sejarah.”
–Widyanuari Eko Putra, Jawa Pos

“Kelihaian Eka Kurniawan bercerita tampak ditopang oleh sudut pandang dirinya terhadap drama kemanusiaan […] Menariknya, penulis mampu menyelipkan humor segar yang tetap kuat terjalin dengan bagian-bagian lain.”
–Yohanes Krisnawan, Kompas

Lihat rekomendasi ‘Light PB’ lainnya, di sini.

Temukan daftar bacaan lainnya yang direkomendasikan dan disusun berdasarkan tren, kategori, tema hingga daftar yang secara pribadi diberikan kepada Anda dalam Reading List.