PB
PB

Tentang Perjamuan Buku

Perjamuan Buku adalah toko buku radikal independen yang menyediakan buku-buku dan materi pilihan, terutama dalam bahasa Indonesia.

Dari sini Anda dapat mengakses:

Sejarah Singkat

Kurator dan editor pendiri kami memulai aktivitas perbukuan dan pendidikan ekonomi politik di organisasi terpisah yang berdiri pada 2003 dan sekarang hampir tidak beroperasi lagi sejak akhir tahun 2020. Mendapatkan pengalaman yang sangat dibutuhkan dalam dunia literasi sehingga pada awal Mei 2019, ia sendiri mengatur apa yang kemudian menjadi Perjamuan Buku.

Ketika krisis Covid-19 tengah naik dan resmi masuk ke Indonesia pada awal 2020, Perjamuan Buku (PB) berfokus untuk mendukung ketersediaan materi/bacaan di tempat tinggal pembaca selama pandemi. Di mana koleksi buku-buku PB merupakan pilihan dari beberapa bidang yang ada: ekonomi politik, sejarah; sains; sastra; budaya hingga filsafat.

Website PERJAMUANBUKU.COM pun dibangun pada 2020 oleh pendiri kami berbekal kemampuan dasar di bidang pemrograman untuk memudahkan akses dan jangkauan kepada Pembaca Perjamuan Buku yang kemudian disingkat PAPERBUK. Selain memberikan daftar bacaan pilihan pada katalog dan bookmap, halaman PERJAMUANBUKU.COM juga memuat artikel, esai, ulasan buku dan tulisan-tulisan pilihan yang diterbitkan di ‘blog’ PB.

Selama 2019-2020 PB memiliki gudang buku fisik di Landungsari–Malang dan Badas–Kediri. Kemudian pada awal 2021 PB memperoleh tempat yang kemudian difungsikan sebagai gudang buku di Pare–Kediri. Bersamaan dengannya, kurator pendiri kami selanjutnya menetap di Kediri untuk memudahkan manajemen yang diperlukan. Pada pertengahan 2021 dibantu 2 kamerad memutuskan untuk menyesuaikan gudang buku di Pare dan membukanya untuk kunjungan umum terbatas.***

Ketika sebagian telah yakin melewati krisis Covid-19 dengan heroik dan dengan meninggalkan kerusakan di mana-mana, yang diakibatkan oleh kapitalisme, kami percaya secara ilmiah bahwa krisis-krisis yang lain telah siap menyambut umat manusia. Hal itu adalah niscaya selama moda produksi kapitalisme—yang memiliki watak dasar predatoris—tidak diarahkan ke moda produksi yang lebih emansipatoris. Untuk itu, PB juga ‘tersedia’ dalam mendukung tujuan tersebut (mengeliminasi kapitalisme). Salah satunya dengan terus mengedarkan bahan belajar (bacaan/literatur) yang sekiranya berguna untuk memahami bagaimana cara kerja dunia serta apa yang harus dilakukan.

PB terbilang baru di dunia perbukuan dengan tim kecil kurator dan saling merangkap sebagai editor dan tutor. Namun kami menangani pekerjaan PB dengan profesional dan serius. Kami sadar bahwa kami berada di periode kritis untuk para pembaca, khususnya di Indonesia. Dengan beberapa jaringan penerbit progresif independen, distributor buku serta komitmen radikal, kami bekerja agar PB menjadi signifikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pembaca.

Salam hangat,
Kurator PB

Untuk informasi lebih lanjut atau pertanyaan lainnya silakan tulis di halaman kontak.


Website Perjamuan Buku dibangun oleh Alienasi.

Open chat
Hai!
Ada yang bisa kami bantu?