Kisah Sawo Kecik

Jelajah Prajurit Diponegoro di Kediri

oleh Moh. Fikri Zulfikar

Dengan terbitnya buku ini, diharapkan bisa menambah pengetahuan terkait kisah prajurit Diponegoro yang umum dikenal dan erat sebagai kisah cikal bakal lahirnya pesantren-pesantren.

Rp75,000.00

In stock

Ada pertanyaan

Description

“Buku yang sangat menarik ini membuka wawasan baru tentang gaung Perang Jawa selama abad sembilan belas dan zaman pergerakan. Diponegoro memang ditangkap dan meninggal di dalam pengasingan, tapi jasanya kekal berbilang masa! Selamat menikmati riwayat pengikut Diponegoro dan simbol strategi pohon Sawo Kecik!”
—Prof. Dr. Peter B.R. Carey, mengajar pada Laithwaite Fellow and Tutor Modern History di Trinity College, Oxford (1979-2008).

“Buku ini merunut perjalanan Diponegoro dari sisi taktik, strategi, pandangan-pandangan hidupnya—ketika kebanyakan catatan sejarah hanya bicara tentang aksi kekuasaan. Dengan kata lain, ini buku tentang perjalanan gagasan seorang Diponegoro. Bagi mereka yang percaya bahwa sesungguhnya sejarah dibangun dari perjalanan ide dan diskursus, ini menjadi penting dibaca dalam mengenal sosok Diponegoro dan memahami sejarah perjalanan Indonesia.”
—Okky Madasari, novelis dan kandidat PhD di National University of Singapore (NUS)

“Menambah wawasan bagi saya, misalnya tentang pohon sawo kecik sebagai penanda keberadaan prajurit Diponegoro. Rumah mbah saya di Purworejo dahulu juga ada pohon sawo keciknya, sayang sudah ditebang tahun 1970-an. Ternyata mbah-mbah kita begitu cerdasnya cara membuat kode-kode. Saya juga kagum dengan arsitektur masjid jaman dulu yang memiliki teras khas prajurit Diponegoro, terasa adem dan nyaman untuk beribadah.”
—Wati Susetyo, Peneliti Arkenas Jakarta

Additional information

Weight 0.25 kg
Dimensions 14.8 × 21 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

x + 150

Publisher

Year Published

2024

ISBN

978-623-5853-52-9