12% off!

Pergolakan Kalimantan Barat

Rp57,200.00

In stock (can be backordered)

Description

Pada tahun 1963, ratusan pemuda Tionghoa di Kalimantan dan Serawak, sudah membentuk Paraku (Pasukan Rakyat Kalimantan Utara) dan PGRS (Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak). Sedang pemerintah RI ketika itu, sehubungan dengan politik “Konfrontasi Ganyang Malaysia”, memberi bantuan pendidikan militer bagi Paraku‐PGRS. Namun setelah G30S, rezim orde baru justru mengambil sikap menumpas Paraku/PGRS yang dituduh beraliran komunis. Dan karena kenyataan yang terlibat mayoritas warga Tionghoa, dijalankanlah politik anti‐Tionghoa. Merebak usaha membasmi komunis di Kalbar. Terjadi penindasan, penangkapan, dan pembunuhan brutal terhadap warga Tionghoa.

Buku ini adalah memoar penulis sebagai saksi mata sejarah dan pelaku melawan kekuasaan rezim Soeharto, sebuah catatan sejarah pahit getir kehidupan suatu generasi menyaksikan betapa sengit perjuangan melawan persekusi politik yang ganas, dan bagaimana mereka melalui segala kesulitan dan penderitaan di masa lalu itu.
Jejak perjalanan sejarah yang sangat penting di mana warga Tionghoa, dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, telah terlibat dalam perjuangan gagah berani demi keadilan.

Additional information

Weight 0.33 kg
Dimensions 14 × 20 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

xii + 236

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-623-97148-3-3