The Will to Improve

Perencanaan, Kekuasaan, dan Pembangunan di Indonesia

Author(s)

Category:

Rp179,000.00

Only 1 left in stock (can be backordered)

Description

Buku ini adalah paparan menakjubkan tentang bagaimana proses pembangunan dikonsep dan dilaksanakan. Menggunakan fakta etnografis dan historis mengenai upaya perbaikan kehidupan rakyat di Indonesia sejak masa kolonial hingga reformasi, yang dijalankan oleh pemerintah kolonial, pemerintah nasional, lembaga konservasi lingkungan, lembaga swadaya masyarakat dan Bank Dunia, Tania Li menunjukkan bahwa bisa ada jarak yang sangat lebar antara apa yang diniatkan dengan apa yang kemudian benar terjadi.

Niat baik serta rencana hebat untuk memakmurkan kehidupan orang banyak sama sekali bukan jaminan bahwa kemakmuran tersebut akan benar terwujud. Pada banyak peristiwa, alih-alih mendatangkan kemakmuran “kehendak untuk memperbaiki” kehidupan ternyata justru membawa sengsara berkepanjangan, karena program pemakmuran itu sendiri tidak bebas nilai—kaum yang hendak dibangun bukan ruang kosong yang bisa diisi apa saja, sementara kelompok yang hendak membangun entah itu pemerintah, organisasi keagamaan atau LSM juga tidak bebas dari kepentingan kelompok.

 


Review

“Ulasan sejarah yang menarik … berguna bagi pemerhati ekonomi-politik pembangunan.”
Perspectives on Politics

“The Will to Improve tak pelak lagi adalah salah satu upaya terbaik dan paling canggih untuk … menghadirkan paparan etnografi berbasis praktik mengenai lembaga-lembaga dan proyek-proyek pembangunan.”
American Anthropologist

Additional information

Weight 0.6 kg
Dimensions 14 × 20.3 cm
Author(s)

Translator

,

Format

Language

Indonesia

Pages

xii + 536

Publisher

Year Published

2021

ISBN

978-979-1260-15-2