Inilah Mazhabku

Mazhab di Atas Mazhab

Author(s)

Rp59,000.00

Available on backorder

Ada Pertanyaan

Description

“Saya selalu percaya pada kebaikan fitri manusia. Kalaupun terjadi pertikaian, lebih sering itu akibat orang terbawa arus yang lebih besar, lebih sering arus politik. Pada kenyataannya, dalam sejarah, politik banyak dikendalikan oleh orang-orang yang manipulatif dan hanya memikirkan kepentingan diri dan kelompoknya. Dan bahwa selalu ada banyak hal subtil (lembut) yang terlibat di dalamnya—yang orang gagal melihatnya—padahal bisa menjadi sumber permakluman jika dipertimbangkan baik-baik.

Setiap kelompok, setiap mazhab, pun punya kelebihan-kelebihannya sendiri, sebagaimana setiap kelompok, setiap mazhab, punya ruang yang bisa diisi mazhab lain untuk penyempurnaannya. Karena, pada akhirnya, mazhab bukanlah wahyu itu sendiri, tidak pula identik dengan Nabi (atau Imam-imam) yang ma‘shûm, melainkan penafsiran manusia atas sumber-sumber ilahi agama ini—yang tentu saja bisa salah. Orang lain boleh punya tafsir lain, dan masing-masing bisa sama-sama benar dan saling melengkapi, atau setidak-tidaknya bisa saling menyeimbangkan.”

“… saya berharap buku ini bisa memberikan sumbangan, sekecil apa pun, dalam wacana keragaman mazhab dalam Islam. Dan, lebih dari itu, buku ini bisa ikut menyumbang dalam cita-cita besar umat Islam untuk mencapai persatuan di antara berbagai mazhab, kelompok, dan aliran yang ada.”

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 13 × 19 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

204

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-602-441-295-1