Arkeologi Pengetahuan

Author(s)

Category:

Rp100,000.00

Available on backorder

Description

Arkeologi Pengetahuan adalah salah satu sumbangan paling berharga Michel Foucault terhadap konstelasi keilmuan dan filsafat kontemporer. Arkeologi, yang lebih dulu dikenal sebagai disiplin ilmu yang bertalian dengan kerja-kerja observatif-lapangan, dibawa oleh Foucault ke ranah filsafat. Mudah dimengerti karena Foucault adalah salah satu pemikir terkemuka post-strukturalisme atau post-modernisme yang amat lekat dengan semangat “dekonstruksi, relativitas, dan pluralitas”.

Dalam memakai metode arkeologi, Foucault “menyepadankan” cara kerja arkeolog dengan genealogi suatu keilmuan. Ia tanpa canggung sanggup menyenaraikan secara filosofis bagaimana kegilaan, misal, merupakan sumber dari terbangunnya suatu peradaban. Apa gerangan yang dimaksud gila oleh Foucault? Dan, bagaimana postulasi kegilaan berkorelasi dengan temuan arkeologis suatu peradaban? Secara filosofis, jawaban atas pertanyaan sensasional itu bisa digali dalam buku ini.

Buku ini jelas tak hanya memuat pertanyaan tersebut. Ada begitu banyak soal dan kritik wacana yang patut disimak darinya.

Additional information

Weight 0.35 kg
Dimensions 14 × 20 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

360

Publisher

Year Published

2019

ISBN

978-623-7290-17-9