The Lost Art of Scripture (Seni Membaca Pesan Ilahi)

Menikmati Sunyi, Bunyi, dan Visi dalam Menghayati Kitab Suci

oleh Karen Armstrong
3% off!

Original price was: Rp159.000.Current price is: Rp154.230.

Available on backorder

Ada pertanyaan

Description

Bagaimana agar kitab suci tetap relevan pada zaman sekarang? Pertanyaan ini penting diajukan kini ketika kitab suci seolah-olah semakin terpinggirkan, sering digunakan untuk menjustifikasi kekerasan dan fundamentalisme, alih-alih sebagai sumber pencerahan rohani.

Pada masa lalu, kitab suci telah membantu manusia mentransendensi ikatan material dan duniawi, menghubungkan manusia dengan yang ilahi. Kini, ketika pendidikan modern semakin cenderung pada sisi rasionalitas, logika dan analisis, pembacaan kitab suci pun semakin kering dan kehilangan keindahannya.

Di dalam buku ini, Karen Armstrong mengkaji peran dan posisi kitab suci di dunia masa kini. Ditopang oleh argumen penting dari psikologi dan neurofisika, Armstrong menganjurkan integrasi belahan otak kiri dan kanan dalam membaca kitab suci, agar bunyi kitab suci kembali terdengar seperti musik yang menggetarkan jiwa.

 


Review

“Ini buku dahsyat yang menyingkapkan ‘jeroan’ agama-agama—yang biasanya tidak (boleh) dilihat—justru dalam rangka memperlihatkan inti agama-agama yang lebih hakiki.”
—Prof. Dr. Bambang Sugiharto, Pakar Filsafat

“Dimensi sakral telah hilang dari kehidupan modern kita. Sehingga arti penting agama pun meredup. Untung ada Karen Armstrong yang telah mengabdikan hampir seluruh hidupnya untuk mengerti makna agama-agama untuk kita. Melalui buku-buku Karen Armstrong, kita menemukan kembali sosok Yang Sakral, yang bisa menjadi kunci pembuka mendapatkan kembali makna agama-agama itu.”
—Dr. Budhy Munawar-Rachman, Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara

“Karen Armstrong menelusuri perjalanan keberagamaan manusia yang beragam dan menceritakan bagaimana kitab suci muncul dan berperan dalam berbagai peradaban berbeda …. Kitab suci bukan hanya teks tertulis, tapi lebih merupakan tradisi lisan dalam suara dan keheningan, yang terungkap dan yang tak terungkap; tidak hanya mengajak pikiran agar lebih hidup dalam rasa dan spiritualitas, bukan menginspirasi ketegangan dan kekerasan antar-kelompok, tapi justru lebih mengilhami cinta kasih bahkan kepada orang asing dan musuh.”
—Muhamad Ali, Associate Professor, Religious Studies Department, University of California, AS

Additional information

Weight 0,8 kg
Dimensions 16 × 24 cm
Author(s)

Translator

Format

Language

Pages

692

Publisher

Year Published

2023

ISBN

978-602-441-257-9