Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama

Inspirasi dari Teladan Nabi Muhammad SAW

oleh Faqihuddin Abdul Kodir
3% off!

Original price was: Rp75.000.Current price is: Rp72.750.

Available on backorder

Ada pertanyaan

Description

Banyak umat Islam masih merasa kesulitan, secara teologis, untuk memiliki relasi yang baik dan Islami dengan pemeluk agama lain. Padahal, jika kita merujuk sumber-sumber biografi Nabi Muhammad Saw., baik al-Qur’an, hadits, maupun sirah, kita menemukan berjibun teladan relasi dengan orang yang berbeda agama. Mulai dari kehidupan masa kecil, remaja, dewasa, pada saat memperoleh wahyu, berdakwah, dan ketika berhijrah lalu menetap di Madinah sampai akhir hayat beliau. Bahkan, sampai menjelang akhir hayat Nabi Saw, ada sekitar 70 sahabat yang hidup di sebuah negara Kristen, yaitu Etiopia (Habasyah).

Buku kecil ini mengungkap kisah-kisah teladan tersebut, terkait relasi sosial, bertetangga, saling berkunjung, mengundang makan, mengucap dan menjawab salam, bersama membangun masyarakat, melawan kezaliman, dan mewujudkan keadilan. Nabi Saw dikenal sebagai al-amin kepada semua orang, termasuk kepada yang berbeda agama. Beliau dipercaya, berbuat baik, jujur, dan suka menolong, baik dalam kehidupan fase Mekkah maupun Madinah.

Buku ini, karena itu, mengusulkan agar kisah-kisah ini menjadi inspirasi dan perspektif dalam memaknai ayat dan hadits secara mubadalah, sehingga relasi umat Islam dengan pemeluk agama lain, dalam konteks negara bangsa saat ini, menjadi lebih konstruktif dan bersinergi untuk peradaban yang lebih baik sesuai dengan mandat al-Qur’an (QS. Al-Maidah, 5: 48).

Additional information

Weight 0,3 kg
Dimensions 14 × 20 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

234

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-623-5348-40-7