Perjamuan Buku Bundel Gift

bundel-gift

Bagikan, dengan orang-orang yang Kamu cintai.

Buku-buku yang mengintrogasi pemikiran mainstream, menjelaskan dengan lugas, dan memberikan imajinasi akan kehidupan lain yang lebih baik. Temani hari-harimu bersama orang-orang yang Kamu cintai dan pelajari bersama bagaimana dunia kita berjalan.

Kami telah merilis bundel khusus untuk tidak Kamu lewatkan. Mereka dipilih dan direkomendasikan secara pribadi untuk Pembaca Perjamuan Buku.

Kajian Indonesia

Surplus–Buruh dalam sejarah

bundel-gift-C

Berisi buku yang membahas gerakan politik buruh di Indonesia, secara spesifik di masa Hindia Belanda, kemudian perannya pasca kemerdekaan khususnya era Orde Baru. Berikut kajian tentang pembangunan Indonesia, di mana menyoroti perkembangan nasib pekerja informal yang tidak sesuai dengan klaim para ekonom liberal. Hasil dari penelusuran penulis justru menunjukkan sebaliknya.

Pelajaran dari Marx dan Engels

Biografi–Pemikiran

Membahas tentang biografi Marx, termasuk pemikiran-pemikiran beliau. Menelisik ke kehidupannya yang penuh perjuangan yang, meruntuhkan tuduhan para pengkritiknya. Sementara buku Engels membahas tentang pemikiran-pemikiran Engels. Termasuk masa remajanya yang diliputi heroisme hingga ketertarikannya pada bidang-bidang sains –bidang yang tidak banyak dijamah oleh rekannya, Marx–yang kemudian banyak membantu mengembangkan teori politik kelas pekerja.

bundel-gift-B

Kapitalisme dan Pemutakhiran Kejahatan

Kapitalisme–Bisnis Perbudakan

bundel-gift-D

Kajian tentang sejarah kapitalisme oleh Ellen M. Woods ini menunjukkan bahwa kapitalisme bukan hal yang alamiah. Kapitalisme tidak lahir dari pembukaan pasar-pasar dan tehubungnya dunia secara global (serta kemajuan ekonomi) semata. Kajian menyeluruh Woods adalah sains yang meruntuhkan para pendukung ekonomi politik kapitalisme beserta anggapan-anggapan umum yang ada. Kemudian buku Lydia Cacho menyoroti bagaimana bisnis dan sindikat kekerasan, khususnya yang melibatkan perempuan sebagai objek dan komoditas, justru makin mutakhir di era kapitalisme. Doktrin kemajuan, kemodernan dan segudang klaim “baik” atas perkembangan kapitalisme justru tidak mampu menghilangkan mitos-mitos dalam aksi kejahatan. Sebaliknya, kapitalisme justru menyediakan alat yang sangat canggih untuk menjalankan kejahatan “primitif” di era modern.

Sejarah dan Uji Coba Sosialisme

Komune–Eksperimentasi Anti Kapitalisme

Kajian terkenal tentang eksperimentasi komunisme yang dibangun oleh para buruh. Menyuguhkan bagaimana kelebihan-kelebihan yang mendasarinya, serta kritik tajam yang dapat dijadikan pelajaran di hari kedepan setelahnya. Sementara di era modern, telah berdiri Marinaleda, sebuah kota kecil antikapitalis. Keberadaanya memberikan harapan dan imajinasi akan kehidupan lain yang lebih emansipatoris.

bundel-gift-E

“Kejahatan” Imperialisme

Amerika–Peluru Washington dan Dunia Kita Sekarang

bundel-gift-F

Sebuah kajian sejarah tentang peran imperialis AS dalam berbagai kudeta, perang, dan berbagai kejahatan di negara-negara (khususnya dunia ketiga). Ini menunjukkan sekaligus kritik atas moda produksi kapitalisme. Tentang bagaimana hukum geraknya mendorong para imperialis berbuat demikian dan, apa yang mereka lakukan pada akhirnya membentuk dunia kita hari ini.