Ngobrolin Buku “Peluru Washington” // Seri Obrolan Warung Kopi

AMERIKA SERIKAT (AS), mendengar nama negara tersebut tentu di antara berbagai persepsi yang terlintas dibenak kita, ada satu kesamaan anggapan; negara adikuasa yang memiliki “perangkat militer yang luar biasa” untuk menunjang ekonomi politiknya.

Sebagai pengusung demokrasi, AS selalu hadir bak malaikat penyelamat di setiap tempat (khususnya negara dunia ketiga) yang mengalami ketidakstabilan ekonomi dan politik. Lantas bagaimana AS menjalankan perannya tersebut? Apakah AS benar-benar malaikat penyelemat?

Sebuah buku yang ditulis oleh Vijay Prashad, sejarawan dan intelektual kiri dari India, berkata lain. Lewat dokumen-dokumen pemerintah AS, catatan-catatan perusahaan besar, dan pidato-pidato para penguasa, Prashad mengungkapkan fakta umum. Yang mana dari berbagai peristiwa krisis, kudeta, hingga peperangan; justru AS yang mengambil peran dan paling banyak bertanggung jawab atas kerusakan yang diakibatkan.

Lalu, bagaimana dan kenapa itu bisa terjadi? Sejauh mana peran AS dalam menghancurkan mimpi-mimpi rakyat di negara dunia ketiga? Dan mengapa kita mesti mengetahui hal ini?

Diskusi Buku "Peluru Washington"

Kami mengundang kawan-kawan untuk hadir dalam diskusi dan membicarakan buku yang berjudul “Peluru Washington: Peran CIA dalam Pembunuhan dan Kudeta di Berbagai Negara” yang, rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 04 November 2023, pada pukul 19.30 WIB s/d Selesai.

Bertempat di Warung Kopi Semeru (@semerukopi) dengan difasilitasi oleh Fatkhur Rahman (penerjemah buku) dan M. Rahmat Hidayatulloh (pengkaji ekonomi politik dan pembelajar di Intans Institute).

Lokasi diskusi (dalam peta)

Buku terkait