LOGO-PERJAMUANBUKU.COM

..::: Home / About / Books / Bookmap :::..

”:: Authors / Blog / Events ::”

Buku bukanlah kejahatan!

Solidaritas untuk Toko Buku Rakyat di Malaysia

Petugas Dalam Negeri menggeledah toko buku Toko Buku Rakyat di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. Foto: Kiriman Masyarakat

Persatuan Penerbit Kiri Internasional mengeluarkan pernyataan kecaman setelah sebuah toko buku kiri di Kuala Lumpur, Malaysia digerebek oleh Kementerian Dalam Negeri Malaysia yang menyita beberapa buku yang berkaitan dengan Marxisme, dan satu buku yang ditulis oleh pemilik toko tersebut. Persatuan Penerbit Kiri Internasional adalah jaringan 40 penerbit dari Indonesia hingga Chile.

Pada hari Jumat, 18 Agustus 2023, terjadi penggerebekan di Toko Buku Rakyat di Wisma Central, Kuala Lumpur, Malaysia. Empat petugas penegak hukum dari Kementerian Dalam Negeri Malaysia yang mengenakan rompi bertuliskan “Penguatkuasa KDN”, datang tanpa pemberitahuan untuk mencari buku “The Communist Manifesto” dan kemudian menyita sebuah buku tentang Marx dan pendidikan, serta sebuah buku puisi karya Benz Ali, pemilik toko buku.

Persatuan Penerbit Kiri Internasional mengutuk penggerebekan ini sebagai tindakan otoriter dan anti-demokrasi, bukan hanya karena penggerebekan ini melanggengkan kampanye yang telah lama menentang wacana/pemikiran Marxis, namun juga karena penggerebekan ini melanggar hak dasar masyarakat Malaysia untuk membaca dan berbicara dengan bebas.

Tindakan ini mengkhianati harapan masyarakat Malaysia bahwa pemerintahan baru di bawah Anwar Ibrahim akan lebih demokratis, adil, terbuka secara intelektual dan budaya dibandingkan era-era sebelumnya. Bagaimana bisa seorang intelektual publik seperti Ibrahim—yang dikenal gemar mengutip Shakespeare, Raniri, dan nama-nama lainnya—membiarkan penyitaan buku terjadi pada masa pemerintahannya?

Kami menuntut pemerintah Malaysia menjamin hak dasar masyarakat Malaysia untuk membaca secara bebas, dan keselamatan penjual buku dan penerbit di seluruh Malaysia.

Kurator, Editor, Pembaca dan Jaringan Perjamuan Buku turut bersolidaritas dengan tuntutan bersama di atas.
Tulisan dan informasi solidaritas ini diterjemahkan dari Peoples Dispatch.