Menimbang Pluralisme

Belajar dari Filsuf dan Kaum Sufi

Rp79,200.00

Available on backorder

Description

Pluralisme pernah menjadi isu terpanas di jagat intelektual Indonesia pada tahun 2000-an. Puncaknya ketika MUI pada 2005 menerbitkan fatwa haramnya paham pluralisme—bersama dua saudaranya: liberalisme dan sekularisme. Sayangnya, penghakiman atas istilah/konsep pluralisme itu sering muncul dari prasangka atau pemahaman yang kurang mendalam dan menyeluruh.

Nah, buku ini ingin memperlihatkan kepada pembaca, bagaimana para sarjana Muslim terkemuka memahami/mendekati agama, dari sudut disiplin yang berbeda, dengan suatu cara yang boleh jadi dianggap melampaui diskursus keagamaan arus utama. Mereka menggali substansi dan kedalaman teks serta keragaman tafsir atasnya. Sudut disiplin yang dimaksud adalah kalam (teologi), fiqih (hukum), dan tasawuf (mistisisme). Teks-teks keagamaan itu dibaca oleh mereka melalui mekanisme penggabungan aktivitas nalar rasional, filosofis, dan permenungan kontemplatif. Mereka adalah para Mahaguru Pencerahan: Imam Abu Hamid al-Ghazali, Ibn Rusyd al-Hafid, Syaikh Muhyiddin Ibn ‘Arabi, Husain Manshur al-Hallaj, dan Imam Fakhr al-Din al-Razi.

 


Review

“Kekuatan buku ini dalam mengkaji isu pluralisme terletak dalam penggunaan referensi autentik kitab-kitab klasik, karya filsuf dan sufi utama dalam sejarah pemikiran Islam, sekaligus membuktikan bahwa semangat pluralisme memang berakar
dalam tradisi pemikiran Islam.”
—Prof. Ahmad Najib Burhani, Ph.D.

“Buku ini penting bukan saja karena memelihara relevansi gagasan pluralisme dalam tradisi pemikiran Islam, melainkan juga karena referensinya pada pemikiran dan penghayatan kaum filsuf dan sufi, yang memang menawarkan cara pandang beragama yang melampaui sekat-sekat sempit eksklusivisme dan sektarianisme.”
—Dr. Haidar Bagir

“Penjelajahan khazanah keilmuan Islam yang luar biasa. Buku yang enak dibaca ini
secara mengejutkan menunjukkan bahwa beragama
dalam keragaman pendapat justru menguatkan iman kita!”
—Prof. Nadirsyah Hosen, Ph.D., Monash University, Australia

Additional information

Weight 0.33 kg
Dimensions 15.5 × 23.5 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

236

Publisher

,

Year Published

2021

ISBN

978-623-96104-0-1