Kisah-Kisah yang Tak Bisa Dipercaya

Author(s)

Category:

Rp55,000.00

Available on backorder

Description

Dikenal sebagai pengarang yang memopulerkan kata robot, Karel Čapek penulis raksasa dari Ceko menulis banyak cerita pendek slengekan yang memikat dan terus dikenang di benak penggemar. Salah satunya kisah-kisah dalam buku ini. Dengan lihai dan enteng, Čapek menuliskan kembali berbagai legenda, mitologi Yunani, tokoh-tokoh terkemuka dalam sejarah, dan insiden-insiden dalam Alkitab yang dibangun ulang atau katakanlah dibengkokkan dengan satire dan humor khas Čapek. Sekaligus ia sisipkan banyak ironi moral serta pandangan politik dalam kisah-kisahnya.

Buku ini belum terbit sampai 1945, tujuh tahun sesudah Čapek meninggal. Penundaan itu lantaran pendudukan Nazi atas Cekoslowakia tak lama setelah kematian Čapek, dan pemberlakuan sensor atas seluruh karyanya. Ketika Perang Dunia II berakhir, seorang editor dan bibliografis Čapek, Mirsolav Halík menemukan naskah bakal buku ini dalam sebuah amplop tersendiri di antara sekian berkas yang ditinggalkan.

 


Review

“Kisah-kisah pendeknya merupakan adikarya sarat ironi moral dan visi tragis yang memandang heroisme biasa-biasa saja.”
Booklist

“Penulis jempolan dari masa lalu yang bicara pada masa kini dengan suara nubuat, cemerlang, apa adanya, kelewat lucu, serta luhur.”
—Kurt Vonnegut

“Satire ciptaannya masih begitu terasa, dan kisah-kisahnya brilian.”
The Times

Additional information

Weight 0.13 kg
Dimensions 12 × 19 cm
Author(s)

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

164

Publisher

Year Published

2021

ISBN

978-623-305-176-7