Kisah 1001 Malam Jilid 8

Kisah Epos Warisan Islam Abad Pertengahan

oleh Abu Abdullah Muhammad al-Jihsiyari
3% off!

Original price was: Rp110.000.Current price is: Rp106.700.

Available on backorder

Ada pertanyaan

Description

Ini jilid terakhir dari rangkaian jilid Kisah 1001 Malam. Pertanyaan besarnya, apakah Ratu Syahrazad, setelah menghabiskan 1001 malam membuai Raja Syahrayar dengan cerita-cerita fantastis, akhirnya dibunuh? Jilid ini memuat tiga kisah. Pertama, tentang Raja Julayad yang agung dengan wazirnya yang terkenal, Syammas. Sang raja memiliki seorang putra yang kelak menggantikan tahtanya, Raja Wirdukan, seorang raja yang amat menguasai ilmu-ilmu lahir dan batin, namun terperosok ke lembah syahwat, sehingga ia membunuh Wazir Syammas beserta seluruh pembesar kerajaannya, sebelum akhirnya ditolong oleh seorang anak kecil yang bijaksana.

Kedua, kisah huru-hara perang dua kerajaan besar, yang melibatkan baik kerajaan darat dan kerajaan laut, lantaran pinangan yang ditolak. Seorang pemimpin congkak, Raja Syamandal, enggan menikahkan putrinya, Putri Jauharah, kepada Raja Badar Basim. Lantaran sihir Putri Jauharah, Raja Badar Basim luntang-luntung di negeri Ratu Lab si setan sihir. Untungnya, ia ditolong oleh seorang penjual sayur yang sakti mandraguna. Akhirnya, ia pun mencapai cita-cita terbesarnya: menikah dengan Putri Jauharah dan bersatu dengan musuh terbesarnya, Raja Samandal.

Ketiga, kisah Ma’ruf al-Iskafi, seorang pembuat sepatu, yang takut kepada istrinya, Si Perempuan Jahat Fatimah. Lantaran ia tidak mampu membeli roti madu yang dipesan istrinya, ia harus berhadapan dengan Kantor Kehakiman. Akhirnya, ia melarikan diri dari Mesir dan bersekongkol dengan Jin Ifrit untuk menjadi saudagar kaya raya dan penguasa Kerajaan Ikhtiyan Khitan. Demikianlah. Dan, kita tetap menunggu-nunggu kabar besarnya, adakah akhirnya Ratu Syahrazad dibunuh oleh Raja Syahrayar?

Additional information

Weight 0,5 kg
Author(s)

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

420

Publisher

Year Published

2019

ISBN

978-602-391-583-5

You may also like…