Out of stock

Ideologi-Ideologi Politik Kontemporer

Rp120,000.00

Awaiting stock

Description

Buku ini menempatkan ideologi sebagai pemikiran sebagai kekuatan pendorong utama dalam sejarah. Para penulis berusaha membantu pembaca dalam memahami ideologi-ideologi politik dengan meng-analisis ciri, ketegangan, dan kontradiksi serta menunjukkan betapa sulitnya menarik garis pemisah yang jelas di antara “isme-isme” yang penting. “Konservatisme liberal” atau “sosialisme feminist”, misalnya, tidak dengan sendirinya merupakan pengertian yang saling bertentangan atau kumpulan beragam ide. Tugas penting para analis ideologi adalah membedakan inti dengan kulit, menggali makna, dan menggambarkan dinamika konsepsi dan kepercayaan yang berubah.

Walaupun fokus utama buku ini adalah abad ke-20, para penyumbang tulisan diminta menelaah perkembangan ideologi sebelum 1900 guna membantu memberikan penekanan pada asal usul ideologi dan bagaimana ideologi beradaptasi terhadap konteks-konteks sejarah yang telah berubah. Di akhir masing-masing bab, para penulis mengkaji milenium baru. Namun, buku ini sesungguhnya juga bukan merupakan karya futurologi, terutama di kancah dunia. Buku ini berisi ideologi-ideologi di Barat, meskipun dimasukkannya satu bab mengenai Islam dan fundamentalisme mempertegas keberadaan sistem kepercayaan lain (yang sering kurang dipahami di Barat).

Pada ujung 1990-an, Francis Fukuyama menangkap suasana waktu itu dengan mencanangkan “akhir sejarah”, yaitu kemenangan liberalisme dan kapitalisme di panggung jenjang dunia atas komunisme dan kekuatan-kekuatan “totalitarian” lainnya. Tapi, di awal milenium baru, banyak pengamat di Barat kurang yakin dengan pandangan tersebut.”

Additional information

Weight 0.55 kg
Dimensions 14 × 21 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

500

Publisher

Year Published

2018