Hidup Bersama Para Raksasa

Manusia dan Pendudukan Perkebunan Sawit

Rp102,000.00

Available on backorder

Description

Keberadaan perkebunan besar didukung dengan klaim bahwa ia bisa mendatangkan kemajuan dan kemakmuran bagi masyarakat sekitar, bahwa ia efisien dan paling mampu mengolah tanaman komoditas yang tidak bisa dilakukan oleh petani desa. Namun benarkah demikian?

Mengkaji struktur dan tata kelola dua perkebunan sawit di Kalimantan Barat —satu milik negara dan satu swasta—Tania Li dan Pujo Semedi meneliti bagaimana perkebunan datang dan mendominasi, bentuk-bentuk kehidupan seperti apa yang muncul dari kedatangan dan keberadaan perkebunan, serta mengapa sistem yang terus mengingkari klaim-klaimnya sendiri ini tetap mendapat dukungan politik dan finansial. Memakai paduan pendekatan ekonomi politik dan teknologi politik, upaya kedua penulis untuk memahami kawasan per­kebunan membawa mereka kepada teori baru tentang perusahaan sebagai “bala pendudukan”.

 


Review

“Ditulis dalam gaya yang jernih dan tegas, serta kaya wawasan empiris dan konseptual mengenai bentuk perkebunan, Hidup Bersama Raksasa adalah bacaan wajib bagi siapa saja yang tertarik akan lingkungan dan masyarakat tropis, hubungan agraria, rezim-rezim kapitalis-kolonial, serta ekonomi politik sistem-sistem perkebunan.”
—Sophie Chao, Inside Indonesia

Additional information

Weight 0.45 kg
Dimensions 14 × 20.3 cm
Author(s)

,

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

xiv + 362

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-602-0788-30-2