Mazhab Frankfurt

Gagasan dan Kritik

Author(s)

Category:

Rp58,000.00

Available on backorder

Description

Mazhab Frankfurt hadir dari kerja-kerja intelektual yang dilakukan di Institut Penelitian Sosial, Universitas Frankfurt, Jerman. Anggota awal pusat studi teori sosial ini adalah Adorno, Horkheimer, dan Marcuse atau yang sering disebut tokoh sosiologi modern. Mereka melakukan kritik terhadap filsafat positivisme karena dinilai menjadi penyebab dipisahkannya pikiran manusia dari kepentingan manusia, dipisahkannya ilmu pengetahuan dari dunia praksis, dan dipisahkannya teknologi dari humanisme. Positivisme ini ditempatkan sebagai ibu kandung dari kelahiran modernitas yang tidak rasional.

Mazhab Frankfurt juga mengembangkan teori marxis dalam studi kelas, politik, budaya, dan ideologi. Walaupun pada perkembangannya, pondasi dasar pemikiran mereka menjadi lebih dekat dengan Weberian dibanding Marxian.

Tom Bottomore dalam buku ini memeriksa dan menganalisa ulang pemikiran dari para tokoh Mazhab Frankfurt. Bottomore kemudian menjelaskan beberapa masalah dan penyimpangan dalam Mazhab Frankfurt serta memberikan kritik tajam terhadapnya.

Additional information

Weight 0.2 kg
Dimensions 13 × 19 cm
Author(s)

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

180

Publisher

Year Published

2019

ISBN

978-623-90249-6-3