Out of stock

Bisakah Anarkis Belajar dari Marx?

Pengantar Teori Ekonomi Marxis untuk Anarkis

Author(s)

Categories: ,

Rp68,000.00

Awaiting stock

Description

Marxisme dan anarkisme sama-sama tumbuh dari gerakan kelas buruh dan gerakan sosialis abad 19. Keduanya memiliki tujuan yang sama: mengakhiri kapitalisme, kelas, negara, perang, dan segala jenis penindasan lain. Keduanya menempatkan kelas buruh sebagai agen revolusioner dan beraliansi dengan massa rakyat tertindas lain.

Namun demikian, kaum anarkis menolak konsep Marx tentang negara transisi (“kediktatoran proletariat”), ekonomi pasca-kapitalis yang ternasionalisasi dan tersentralisasi, pembangunan partai, dan kecenderungan determinisme teleologisnya. Kaum anarkis ingin mengganti negara dengan federasi dewan buruh non-negara dan majelis rakyat, mengganti tentara dan polisi dengan tentara rakyat yang demokratis dan terorganisir (milisi), dan mengganti kapitalisme dengan federasi pabrik, industri, dan komune swakelola yang perencanaannya dilakukan secara demokratis dari bawah (bottom-up).

Akan tetapi, banyak juga kaum anarkis yang mengapresiasi teori ekonomi Marx, dimulai sejak Bakunin dan berlanjut sampai hari ini.

 


For free

Untuk membaca gratis, tersedia dalam bahasa inggris. Sila kunjungi link berikut:

Marx’s Economics for Anarchists

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 13 × 19 cm
Author(s)

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

x + 162

Publisher

Year Published

2021