Bermula dari Cerita Abah

Pemikiran Islam, Politik Islam, dan Tradisi Islam

Rp85,000.00

Available on backorder

Description

Buku Bermula dari Cerita Abah ini merupakan rampai esai tentang sejarah kecil (petite histoire) yang mengupas Islam Indonesia. Dengan menggunakan perspektif sejarah mikro (microhistory), Muhammad Iqbal meneroka pelbagai problematika sejarah umat muslim Indonesia: dari cerita keluarga Iqbal dalam represi rezim Orde Baru terhadap Islam, dinamika sejarah haji Nusantara, khazanah pondok pesantren, Bung Karno dan Pancasila, Bung Hatta dan Sosialisme Religius (Islam), polemik perdagangan kulit ular, Nahdlatul Ulama, Partai Komunis Indonesia di Arab Saudi, konflik Islam-Kristen-Portugis di Ambon abad ke-16, polemik Negara Islam Indonesia, konflik agraria NU-PKI di Jawa Timur, perayaan bulan suci Ramadan di Kesultanan Aceh, pencak silat dan kasidah dalam tradisi Madura, hingga kosmologi mistik dan tradisi baayun maulid masyarakat Banjar, dlsb. Semuanya dijahit dengan benang merah: Pemikiran Islam, Politik Islam, Islam Tradisi.

 


Review

“Melalui karya ini, Muhammad Iqbal berikhtiar keras untuk kita semua agar konten sejarah yang terkenal berat-berat dan penting-penting itu menjadi enak dinikmati. Saya senang dan mengapresiasi atas terbitnya buku ini. Semoga publik juga menyambutnya, terutama generasi muda”.
—Hamzah Sahal, Sekretaris LTN PBNU dan Pemimpin Redaksi Alif.ID

“Dalam penjelasan suatu peristiwa sejarah, the lack of material of the past dan the absence of dates seharusnya tidak menghalangi sejarawan untuk dapat mengajukan perkiraan yang masuk akal terkait suatu peristiwa di masa lampau. Ia tidak hanya terikat pada ‘when’, tapi juga ‘why’ dan ‘how’ dari peristiwa itu bisa terjadi dalam konteksnya. Tulisan-tulisan Muhammad Iqbal dalam buku ini mungkin bagian dari itu. Tidak hanya menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi, tapi juga mengilustrasikan secara bayan tentang peristiwa-peristiwa di masa lampau”
—Muhammad Irfan Wahid, Dosen Sejarah Peradaban Islam IAIN Palangka Raya

Additional information

Weight 0.3 kg
Dimensions 13 × 20 cm
Author(s)

Format

Language

Indonesia

Pages

xii + 218

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-623-939-776-0