Agnostisisme

Pengantar untuk Pemula

oleh Robin Le Poidevin
3% off!

Original price was: Rp30.000.Current price is: Rp29.100.

Available on backorder

Ada pertanyaan

Description

Agnostisisme adalah kedudukan “tidak tahu” tentang keberadaan Tuhan, dan merupakan kompromi antara teisme dan ateisme, sebuah sikap “mengepak-ngepakkan sayap” di tengah-tengah. Namun, kedua pandangan ini tidak sepenuhnya saling bersesuaian. Jika agnostisisme hanya mewakili kedudukan “tidak tahu”, maka ia hampir bukan di antara teisme dan ateisme.

Saat menjawab pertanyaan “apakah Tuhan ada?”, kaum teis mengatakan “ya” dan ateis “tidak”. Tetapi, “tidak tahu” bukanlah jawaban bagi pertanyaan tersebut, melainkan suatu tanggapan dan respons yang dapat diterima dengan cara yang berbeda. Sekali lagi, ini bukan jawaban. Sebaliknya, ini adalah pengakuan bahwa seseorang tidak memiliki jawaban.

Jika demikian, apa sebenarnya agnostisisme itu? Apakah ia sebuah keyakinan atau tidak adanya kepercayaan? Siapa orang-orang yang pertama kali menyebut diri mereka agnostik? Sejauh mana pandangan mereka diantisipasi dalam pemikiran-pemikiran sebelumnya? Apakah ada argumen-argumen positif yang mendukungnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut menjadi kajian utama dalam buku ini. Sebagai pengantar mengenal agnostisisme, buku ini menyajikan pembahasan yang komprehensif untuk pemula!

Additional information

Weight 0,3 kg
Author(s)

Translator

Format

Language

Indonesia

Pages

136

Publisher

Year Published

2022

ISBN

978-623-6166-95-6