19 buku agar kamu tertarik membaca // Seri bacaan fiksi

19 BUKU Mu

Perjamuan Buku (PB) berupaya memberikan buku-buku pilihan sebagai bacaan alternatif. Di antaranya direkomendasikan oleh para tokoh, orang-orang terdekat, hingga pembaca Perjamuan Buku (paperbuk) atau pun pembaca umum.

Saat makan, terkadang kita tidak berselera dengan menu makanan yang ada. Namun kita tetap harus memenuhi rasa lapar sehingga kita memakan apa pun yang bisa dijangkau. Demikian halnya dengan membaca, ada masa ketika kita tak memiliki keinginan sama sekali, bahkan sekedar memegang buku bacaan. Ini tentunya jamak dialami dan, kamu tidak sendirian. Untuk itu kami merilis daftar bacaan agar kamu tertarik membaca buku. Yah! selain berbagai tips membaca yang mungkin sudah kamu ketahui, memilih bacaan yang segar dan menyehatkan sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin memenuhi kewajiban menutup lapar membacamu, meskipun rasa lapar itu terkadang tidak kamu rasa.

Dan berikut judul-judul yang dipilih dan direkomendasikan untuk Kamu secara pribadi oleh kurator PB.

Di puncak rezim yang penuh kekerasan, kisah ini bermula dari satu peristiwa: dua orang polisi memerkosa seorang perempuan gila, dan dua bocah melihatnya melalui lubang di jendela. Dan seekor burung memutuskan untuk tidur panjang. Di tengah kehidupan yang keras dan brutal, si burung tidur merupakan alegori tentang kehidupan yang tenang dan damai, meskipun semua orang berusaha membangunkannya.

Sebuah pembunuhan telah terjadi. Robert Ablett ditemukan tewas tertembak pada suatu sore dalam ruangan yang terkunci.

Tidak ada orang lain di sana. Orang yang paling mungkin melakukan itu, serta tentu saja punya motif kuat, adalah adiknya sekaligus pemilik Rumah Merah, Mark Ablett.

Robert merupakan saudara yang ingin dilupakan Mark. Dia adalah masalah besar dalam keluarga. Bahkan keberadaannya di Australia adalah cara untuk menjauhkan Robert dari dirinya sebisa mungkin. Lalu, Robert mengirimkan surat mengenai kabar kedatangannya … sama saja itu sebuah kekacauan baru.

Tapi, apa alasan sebenarnya Mark membunuh kakaknya?
Sekadar kebencian yang begitu dalam? Atau, merasa terancam karena Robert ingin merebut warisan yang sudah jatuh ke tangan Mark? Atau, pelakunya justru orang lain?

Miftahul Abrar tumbuh dalam tradisi Islam modern. Latar belakang itu tidak membuatnya ragu mencintai Nurul Fauzia yang merupakan anak seorang tokoh Islam tradisional. Namun, seagama tidak membuat hubungan mereka baik-baik saja. Perbedaan cara beribadah dan waktu hari raya serupa jembatan putus yang memisahkan keduanya, termasuk rencana pernikahan mereka.

Hubungan Mif dan Fauzia menjelma tegangan antara hasrat dan norma agama. Ketika cinta harus diperjuangkan melintasi jarak kultural yang rasanya hampir mustahil mereka lalui, Mif dan Fauzia justru menemukan sekelumit rahasia yang selama ini dikubur oleh ribuan prasangka. Rahasia itu akhirnya membawa mereka pada dua pilihan: percaya akan kekuatan cinta atau menyerah pada perbedaan yang memisahkan mereka.

Benarkah buku dan perpustakaan masih akan relevan di masa depan?
Bagaimana kita menyikapi kehadiran ebook dan buku audio sebagai bentuk lain dari buku?

Neil Gaiman, Julian Baggini, dan Maggie Gram mengajak kita memikirkan asumsi-asumsi yang kita miliki tentang laku membaca dan pilihan membaca kita. “Seperti apa perpustakaan masa depan adalah sesuatu yang harus kita bayangkan sekarang.”

“Ini kisah yang sebenarnya belum lama terjadi. Sebuah kisah kelabu penuh darah. Hanya seumuran dua kali coblosan lurah; tidak berselang lama dari saat, untuk pertama kalinya di daerah sini, Golkar menang dari Petiga dengan mudah.”

Demikianlah Warto Kemplung mengawali kisahnya kepada siapa saja yang sudi mendengarnya di warung kopi: kisah asmara antara Mat Dawuk dan Inayatun, dua sejoli yang dipandang miring oleh masyarakat, berlatar kehidupan sosial sebuah desa Jawa yang berubah oleh tanaman komoditas dan kerja menjadi buruh migran, dibalut dengan humor, laga, dan dendang film India.

Masalahnya, sejauh mana cerita Warto itu sungguh-sungguh terjadi; atau hanya bualan untuk menutupi masa lalunya sendiri?

Rintaro Natsuki hendak menutup toko buku bekas yang diwarisinya dari almarhum kakeknya. Tapi kemudian muncul seekor kucing entah dari mana. Kucing bernama Tiger ini mengajaknya untuk menyelamatkan buku­-buku yang kesepian dan tidak dicintai. Buku­-buku ini perlu dibebaskan dari para pemiliknya yang tak peduli.

Maka dimulailah petualangan mereka ke labirin­-labirin aneh untuk membebaskan buku­-buku. Mereka berjumpa bermacam­-macam orang dalam perjalanan itu: ada pria yang membiarkan buku­-bukunya mati di rak; ada pula penyiksa buku yang memotong halaman­-halaman buku supaya orang­-orang bisa membaca cepat; dan ada penerbit yang hanya mau menerbitkan buku­-buku laris.

Petualangan Rintaro dan si kucing berujung pada satu tantangan yang paling berat—hanya orang­-orang yang paling berani sanggup masuk ke dalam dunia di labirin terakhir.

Sebuah kisah kontroversial pemenang penghargaan karya salah satu novelis terbaik Israel

Novel ini sempat dilarang dibaca di Israel oleh Kementerian Pendidikan Israel karena di-anggap sebagai “ancaman terhadap identitas Yahudi”. Ditulis dengan detail puitis, kaya, dan jujur, novel ini membuktikan bahwa cinta adalah kekuatan yang mampu menerabas segala sekat bangsa, bahasa, agama, dan budaya, sekaligus belati bermata dua yang bisa begitu dalam menancapkan luka.

Saat sedang asyik berjemur di balkon rumahnya, seekor kucing bernama Zorbas mendapati seekor burung camar terjatuh kepayahan di dekatnya. Tumpahan minyak dari kapal tanker di laut telah melengketkan bulu-bulu burung camar betina yang hampir bertelur itu, membuatnya tak mungkin meneruskan terbangnya. Sebelum meninggal, ia meminta si kucing berjanji untuk merawat telurnya sampai menetas dan lantas mengajari anaknya terbang.

Sebagai kucing pelabuhan, Zorbas pantang melanggar janjinya. Namun mungkinkah ia dan kawan-kawannya sesama kucing pelabuhan benar-benar bisa menepati janji mengajari bayi camar itu terbang?

Sebuah cerita indah tentang persahabatan, kesetiaan untuk menepati janji, dan renungan tentang perbuatan manusia terhadap lingkungan.

KEBURUKAN AKAN TAMPAK JELAS KETIKA DIAMATI DENGAN BERJALAN KAKI

Apa jadinya kalau seorang komikus di Prancis yang suka kepo-kepo bertetangga dengan seseorang dari Indonesia yang doyan jalan² di akhir pekan, yang bahkan lebih mengenal prancis ketimbang si komikus sendiri?

Komik dari Prancis berjudul “Tetanggaku Orang Indonesia” karya Emmmanuel Lemaire ini adalah semacam memoar, bercampur dengan catatan perjalanan, yang padat dengan berbagai pengalaman seru, sedih, dan lucu, tentang bagaimana kehidupan seorang Indonesia di negeri asing, prancis, sembari tetap melontarkan kritik-kritik yang tajam soal kedangkalan² dan inferioritas masyarakat kita, ketimpangan sosial, praktik² KKN, juga rasisme di kedua negara.

Apakah orang Swiss lebih bahagia karena negara mereka paling demokratis di dunia? Apakah penduduk Qatar, yang bergelimang dolar dari minyak mereka, menemukan kebahagiaan di tengah semua kekayaan itu? Apakah Raja Bhutan seorang pengkhayal karena memakai indikator kebahagiaan rakyat yang disebut Gross National Happiness sebagai prioritas nasional? Mengapa penduduk Asheville, Carolina Utara, sangat bahagia? Mengapa warga Islandia, yang negaranya bersuhu sangat dingin dan jauh dari mana-mana, malah paling bahagia di dunia? Mengapa di India kebahagiaan dan kesengsaraan bisa hidup berdampingan?

Dengan gaya yang khas dan kocak, Eric Weiner membawa pembaca ke tempat-tempat yang unik, bertemu dengan beragam orang, dan mencari tahu bagaimana orang di berbagai negara bisa bahagia dengan cara yang berbeda-beda.

Nyaliku Kecil Seperti Tikus merupakan kompilasi 3 novela tentang hasrat balas dendam yang tersimpan di hati manusia. Kisah-kisahnya gelap dan sarat akan tragedi.

Kalian orang-orang tolol yang percaya pada mimpi.

Mimpi itu memberitahunya bahwa ia akan memperoleh seorang kekasih. Dalam mimpinya, si kekasih tinggal di kota kecil bernama Pangandaran. Setiap sore, lelaki yang akan menjadi kekasihnya sering berlari di sepanjang pantai ditemani seekor anjing kampung. Ia bisa melihat dadanya yang telanjang, gelap, dan basah oleh keringat, berkilauan memantulkan cahaya matahari. Setiap kali ia terbangun dari mimpi itu, ia selalu tersenyum. Jelas ia sudah jatuh cinta kepada lelaki itu.

“Satu dari lima novel terbaik yang saya baca. Novel ini sebenarnya tak bicara banyak mengenai vegetarianisme.
Lebih serupa novel yang mencekam, tapi mengasyikkan.”
—Eka Kurniawan, novelis

“Jika bagian pertama tidak mampu membuat Anda cemburu sebagai penulis, saya tidak tahu apa lagi yang bisa.”
—Intan Paramaditha, penulis fiksi

Kisah menarik tentang sulap dan ilusi karya salah satu pencerita misteri terkemuka di Jepang ini disusun seperti tragedi panggung yang megah. Penulis melemparkan tantangan kepada pembaca untuk membongkar misteri sebelum tirai ditutup.

Seorang profesor sastra di Universitas Cambridge, Inggris, tewas ditabrak mobil saat sedang membaca buku. Rekannya mendapati sebuah buku aneh dikirim ke alamatnya tanpa sempat ia terima: sebuah terjemahan berbahasa Spanyol dari karya Joseph Conrad yang dipenuhi serpihan-serpihan semen kering dan dikirim dengan cap pos Uruguay. Penyelidikan tentang asal usul buku aneh itu membawanya (dan membawa pembaca) memasuki semesta para pecinta buku, dengan berbagai ragam keunikan dan kegilaannya!

Detektif Kaga Kyoichiro baru dipindahkan ke Nihonbashi, Tokyo. Ia memang pendatang baru, tapi sangat berpengalaman menangani kasus kriminal. Ia bergabung dengan tim untuk menyelidiki pembunuhan seorang wanita. Semakin terlibat dalam kasus itu, semakin banyak tersangka baru bermunculan. Bahkan, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di distrik Nihonbashi memiliki motif sebagai pelaku.

Agar si pelaku tertangkap, Kaga harus mengurai seluruh rahasia di sekitar hidup manusia yang rumit. Masa lalu korban, sejarah keluarganya, dan hari-hari terakhir hidupnya merupakan kunci yang akan membawa Kaga kepada si pelaku.

The Newcomer merupakan novel dari seri Detektif Kaga karya Keigo Higashino.

Seven Tastes of Love memberikan tempat istimewa untuk masakan Jepang yang penuh cita rasa. Novel pemenang The Japan Oishii Novel Award pertama ini menyadarkan bahwa makanan bisa menciptakan jarak, atau sebaliknya, mendekatkanmu dengan orang yang kau sayangi. Sebuah kisah yang akan mengingatkanmu pada rumah.

“Novel menyenangkan bagi para pencinta buku.”
Der Spiegel

“Novel paling hangat dan menyentuh hati yang memenuhi harapan kita sebagai pembaca pada tahun yang istimewa ini. The Door-to-Door Bookstore adalah buku yang entah bagaimana seakan memelukmu ketika membacanya, buku yang benar-benar menarik dirimu ke dalam pelukannya.”
Deutschlandfunk

“Ini adalah kisah hangat yang elegan, dengan protagonis yang dideskripsikan dengan indah. Buku yang tepat untuk hari hujan yang gelap, yang segera menjadi sedikit lebih cerah saat kau membacanya.”
Westdeutsche Allgemeine Zeitung

“Dalam dunia dimana dusta merajalela, menulis cerita cabul adalah tindakan revolusioner”

Seorang pemuda dengan 207 ekor lalat di dalam kepalanya. Seorang ninja yang menyamar menjadi pemilik toko buku. Seekor kucing yang hilang. Sebuah distrik yang menyimpan riwayat kematian Diego Maradona, dan pertarungan melawan gerombolan anak punk.

Iki Poppunk, pahlawan kita semua, harus melewati salah satu malam Minggunya yang paling merepotkan demi sebuah ajakan kencan.

Sebuah novela debut dari Ricky P. Rikardi yang mengesankan!

Temukan daftar bacaan lainnya yang direkomendasikan dan disusun berdasarkan tren, kategori, tema hingga daftar yang secara pribadi diberikan kepada Kamu dalam Reading List.

Mulai percakapan
Hai PAPERBUK!
Ada yang bisa kami bantu?

Kami adalah manusia sungguhan, coba hubungi kami!